cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah
ISSN : 24772771     EISSN : 24778214     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal of History Education Department in Faculty of Teacher Training and Education named Candrasangkala. In Indonesia Candrasangkala is the year of Saka as one of the influence of Hinduism. As a journal name, Candrasangkala is unique and closely related to history in terms of temporal aspects. Thus, Candrasangkala is a scientific journal of education and history as a place for critical thinking.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU SEJARAH Oka Agus Kurniawan Shavab; Gurdjita Gurdjita
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.861 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2883

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa calon guru sejarah angkatan 2014 di Universitas Siliwangi. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah meningkat. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan post test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah. T hitung = 10.934 dan T tabel adalah 1.684 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ho sendiri adalah tidak adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis calon guru sejarah setelah memanfaatkan media pembelajaran blog. Respon dari calon guru sejarah setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan blog terdapat berbagai macam pendapat. Sebagaian besar calon peserta didik memahami dengan apa yang disampaikan pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan blog dan menurut mereka pembelajaran ini sangat bagus
PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEJARAH DI SEKOLAH MENEGAH ATAS KOTA DEPOK Yusuf Budi Prasetya Santosa
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.283 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2885

Abstract

Pendidikan sejarah adalah suatu wahana penting dalam pendidikan suatu bangsa. Ada adagium yang mengatakan sejarah membuat orang menjadi arif dan bijaksana. Berawal dari sejarah seseorang dapat belajar dan menggunakan pelajarannya untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan sejarah sebagai sebuah konsep besar memiliki turunan yang lebih kecil, yaitu pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah diberikan secara formal sejak mengenyam pendidikan dasar hingga menengah atas. Pada proses tersebut Guru Sejarah memiliki peran yang sangat besar demi keberhasilan pendidikan sejarah. Guru Sejarah sebagai garda terdepan dalam melaksanakan pendidikan sejarah. Namun di dalam prosesnya terdapat beberapa masalah yang dapat menghambat keberhasilan pembelajaran sejarah. Masalah itu dapat diatasi bilamana Guru Sejarah kembali kepada “rel” pendidikan sejarah yang sejati.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI MEDIA POWER POINT PADA MATA KULIAH SEJARAH ASIA TIMUR Iyus Jayusman; Gurdjita Gurdjita; Oka Agus Kurniawan Shavab
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.775 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2886

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai pengembangan media pembelajaran multi media power point pada mata kuliah sejarah asia timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tabel penilai dari ahli media bahwa multimedia Powerpoint yang sudah dibuat memiliki nilai 89 % sehingga dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil dari pengumpulan data tanggapan pemakaian terbatas didapatkan skor 415 dengan persentase pencapaian 82,35%, berdasarkan penilaian tanggapan pemakaian terbatas pada multimedia Powerpoint berada pada skala 4. Dengan demikian, multimedia Powerpoint ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Hasil dari pengumpulan data pemakaian lebih luas didapatkan skor 1294 dengan persentase pencapaian 77,76%, berdasarkan hasil penilaian tanggapan pemakaian lebih luas berada pada skala 4. Dengan demikian, multimedia Powerpoint ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PERJUANGAN KAUM PEREMPUAN DALAM SURAT KABAR POETRI HINDIA 1908-1911 Ayu Septiani
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.177 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2887

Abstract

Tulisan ini membahas implementasi nilai-nilai perjuangan kaum perempuan dalam Surat Kabar Poetri Hindia tahun 1908-1911. Adapun unsur yang dibicarakan dalam tulisan ini meliputi kehidupan perempuan akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20, terbitnya Surat Kabar Poetri Hindia, dan nilai-nilai perjuangan kaum perempuan dalam surat kabar tersebut. Surat Kabar Poetri Hindia sebagai surat kabar pertama khusus perempuan yang berbahasa Melayu dan banyak memuat ide-ide perjuangan bagi kemajuan kaum perempuan tentunya memiliki arti penting dalam kajian sejarah perempuan di Indonesia. Pada masa itu, masih sedikit surat kabar yang menuliskan tentang perempuan pribumi, bahkan masih jarang perempuan pribumi yang idenya dipublikasikan dalam sebuah artikel di surat kabar. Untuk membahas permasalahan tersebut, dalam tulisan ini digunakan metode sejarah.
PENYUSUNAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PORTOFOLIO Eva Dina Chairunisa; Ahmad Zamhari
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.47 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype modul mata kuliah evaluasi pembelajaran sejarah berbasis penilaian portofolio yang praktis dan mampu menghasilkan informasi tentang perkembangan proses belajar mahasiswa tentang materi evaluasi pembelajaran sejarah melalui penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan prosedur 1) Need Assessement, yang dilakukan pada mahasiswa dan Guru pendidikan sejarah. 2) Literature Review, pencarian referensi. 3) Develop Preminary form of product. 4) Preminary field test. Hasil dari penelitian ini adalah, modul dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu 1) Konsep dasar evaluasi pembelajaran. 2) Metode penilaian dalam Kurikulum 2013. 3) Potensi dalam pembelajaran sejarah dan penyusunan penilaiannya 4) Menyusun Instrumen Penilaian Sikap, 5) Menyusun Instrumen Penilaian Pengetahuan. 6) Menyusun Instrumen Penilaian keterampilan. 7) Penilaian dalam Pembelajaran Sejarah Lokal
MEMPERTAHANKAN TRADISI, MELESTARIKAN BUDAYA (KAJIAN HISTORIS DAN NILAI BUDAYA LOKAL KESENIAN TEREBANG GEDE DI KOTA SERANG) Rikza Fauzan; Nashar Nashar
Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.111 KB) | DOI: 10.30870/candrasangkala.v3i1.2882

Abstract

Penelitian ini membahas Perkembangan Kesenian Terebang Gede Di KotaSerang Banten 1980-2008 (Kajian Historis Nilai-Nilai Budaya Lokal). Permasalahan yang dibahas adalah mengenai keberadaan kesenian tradisional Terebang Gede di Kota Serang yang ditinjau dari sisi historis mulai dari kemunculan kesenian ini, perkembangannya, dinamika dan pergeseran yang terjadi, peran seniman dalam melesetarikan dan mengembangkan kesenian ini, serta dampak yang ditimbulkan akibatmodenisasi dan globalisasi. Manfaat yang dimaksud dalam penelitian ini adalah untuk mengangkat Kesenian Terebang Gede sebagai kesenian tradisional atau kesenian daerah khas Serang Banten yang kurang dikenal agar menjadi kesenian yang dikenal secara luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang tahapannya terdiri dari Heuristik atau pengumpulan sumber, kritik, Aufassung/Interpretasi, danDarstellung/Historiografi. Kesenian Terebang Gede yang berasal dari Kota Serang Banten ini merupakan kesenian tradisional dengan nilai budaya lokal yang diwariskan secara turun temurun. Kesenian Terebang Gede dalam perkembangannya mengalami pergeseran fungsi sesuai dengan perkembangan zaman. Pada awal kemunculannya, kesenian Terebang Gede berfungsi sebagai media penyebaran Islam. Setelah dikolaborasikan dengan seni marawis, terjadi perubahan dari bentuk pertunjukan, lagu,dan penambahan waditra. Seiring berjalannya waktu, dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, saat ini seni Terebang Gede kemudian berkembang sebagai seni pertunjukan yang berfungsi sebagai hiburan dengan lagu-lagu yang bernafaskan Islam. Walaupun demikian, di tengah-tengah arus globalisasi dan semakin maraknya seni budaya modern kesenian Terebang Gede masih dapat eksis dan bertahan sebagai salah satu warisan budaya leluhur yang mengandung nilai-nilai budaya lokal yang harus terus dipertahankan dan dilestarikan oleh masyarakat setempat sebagai bagian dari sebuah seni pertunjukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6